Peringatan Hari Kartini, Spirit Perjuangan di Tengah Pandemi COVID-19 SMP Strada Bhakti Nusa

“TERKADANG, kesulitan harus dirasakan terlebih dahulu, sebelum kebahagiaan yang sempurna datang”. Begitulah spirit Kartini hadir dalam jiwa-jiwa manusia Indonesia”

Perempuan bernama lengkap Raden Ajeng (RA) Kartini ini lahir di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pada 21 April 1879. Anak dari Bupati Jepara RM Ario Adipati Sosroningrat dan Ngasirah sempat menjalani pingitan.

R.A. Kartini terpilih menjadi pahlawan Indonesia bukan karena mengangkat senjata melawan penjajah. Pemikiran dan tekat kuatnya yang diwariskan kepada generasi bangsa. 21 April menjadi momen sakral bagi perjuangan Kartini dan para perempuan Indonesia. Hari Kartini memang identik dengan kaum perempuan dan perjuangan emansipasinya. Kesetaraan yang diperjuangkan tidak membabi buta. Ia berusaha melawan ketidakadilan dalam wajah dominasi, eksploitasi, maupun hirarki.

Kartini menjadi salah satu model perempuan Indonesia. Ia berhasil mendobrak ketabuhan dan kekolotan. Ia menjadi sosok perempuan yang berbuat lebih dari yang dikodratkan. Pemikirannya berhasil menembus dinding belenggu aturan adat, hanya karena ia seorang perempuan. Betapapun kerasnya adat, akhirnya dapat dipatahkan.

Konteks sekarang ini, kita menghadapi pandemik virus corona baru (Covid-19) yang tidak mudah dilalui. Tetapi di samping itu ,Pandemi COVID-19 menjadi salah satu bentuk perubahan dunia. Salah satunya kebiasaan yang berubah yaitu melakukan aktivitas dari rumah.

 

Jika dulu perjuangan RA Kartini mengubah kebiasaan yang semula perempuan hanya berada di rumah, perempuan saat ini bisa merasakan aktivitas di luar rumah, sekolah hingga bekerja. Dengan adanya pandemi Corona COVID-19, ada kebiasaan yang diubah dengan kembali beraktivitas dari rumah. Hal ini pun dirasakan terlebih oleh seluruh guru dan karyawan SMP Strada Bhakti Nusa yang telah bekerja dari rumah selama 1 bulan lebih berjuang bagi para murid-muridnya, semangat yang dimiliki oleh para guru dan karyawan SMP Strada Bhakti Nusa dapat menjadi contoh teladan bagi kita semua.

Dan di peringatan hari Kartini yang bertepatan pada hari Selasa, 21 April 2020, Semangat R.A . Kartini pun nampak dalam diri Bapak dan Ibu Guru SMP Strada Bhakti Nusa yang begitu antusias dan berpartisipasi dalam mengenakan pakaian busana dari daerahnya masing-masing, hal ini dilakukan untuk tetap mendukung anak-anak untuk tetap semangat belajar dari rumah. Tetap semangat selalu bekerja dan belajar dari rumah “Stay Safe Di Rumah Aja”.

 

Sebarkan artikel ini